All About This World


Juni 19, 2015

Blog yang Disukai Pengunjung

| Juni 19, 2015
Blog yang Disukai Pengunjung - seperti apa sih blog yang sangat di sukai bagi pengunjung ?

Waktu pertama kali saya belajar membuat blog dulu, saya sudah senang sekali walaupun hanya menggunakan template asli blogger. Tetapi kemudian saya mulai tertarik mencoba template download-an yang ternyata tampilannya jauh lebih bagus. Kemudian, saya mulai mencoba download template yang ada gambar anime jepangnya karena saya ngefans banget sama kartun jepang.

Tapi, lambat laun saya kok mulai bosan juga ya, karena tampilannya begitu-begitu saja sih. Ada beberapa menu yang tidak bisa saya edit karena saya gaptek waktu itu. Akhirnya saya kembali memakai template blogger asli.

   Saya belajar otodidak cara memasang widget di blog, dari ganti kursor dengan gambar monyet, pasang cbox yang bisa disembunyikan, pasang slideshow, utak-utik kode script, ubah-ubah tata letak, dll. Sampai pada masa percobaan saya itu template blog saya hampir rusak karena sering ada bentrok kode script dan muncul tulisan “Awas blogger rusak”.

   Saya hampir putus asa, padahal postingan di blog ini sudah cukup banyak. Loading blog saya jadi lemot dan akhirnya saya harus hapus slideshow yang pernah saya pasang. Dan pelan-pelan saya mulai rombak blog ini menjadi lebih sederhana dan janji pada diri sendiri untuk tidak bosenan/ mengubah-ubah template lagi. Dan juga berhati-hati dalam mengikuti berbagai tutorial di internet karena tidak semua tutorial di sana bisa diterapkan ke dalam template blog saya.

   Beberapa waktu yang lalu klien saya juga ada yang mengeluh karena template blog hasil downloadannya dihapus sama pemiliknya. akhirnya blognya bagai “tanpa baju” , dan musti ganti template lagi deh. Hal itu membuat saya yakin lebih aman pake template asli blogger yang dimodifikasi sendiri.

   Selain konten blog yang bermanfaat, para pengunjung blog suka dengan blog yang good looking dan tidak bikin perih di mata kalau baca postingannya.

Lalu, apa saja syarat blog itu disukai pengunjung:

  • Blog yang tidak banyak animasinya, seperti kursor animasi, salju di blog, petir di blog, burung terbang, dll
  • Tidak terlalu banyak iklan melayang. Begitu buka blog iklan-iklan melayang itu sangat mengganggu pembaca karena musti klas-klos (close) dulu. Kita kan baca blog untuk cari artikel bukan ngeklik iklan. Iklan melayang itu mengganggu pemandangan bacaan blog
  • Tidak ketemu captcha, meski ini tujuannya untuk menghindari komentar spam, tapi kadang pengunjung pengennya komennya cepet muncul di kotak komentar tanpa ribet harus ngisi captcha. Pas udah nulis komentar → klik publish. Kirain udah nongol, eh ternyata musti balik lagi karena lupa ngisi captcha.
  • Blog dengan tulisan yang tidak terlalu small/kecil-kecil dan butuh kaca pembesar buat bacanya
  • Blog yang tidak ada musiknya. Ini kasian pengunjung blognya yang pake internet sistem kuota kayak saya. Kalau saya buka blog yang ada musiknya, langsung saya close sebelum baca postingannya meski postingannya bagus, knp? Ngabisin kuota gw 
  • Blog yang tampilannya proporsional. ga kelebaran hingga kalau mau baca postingannya musti scral srol mouse ke kanan dan ke kiri, capek ….! 
  • Blog yang  ada identitas pemiliknya, itu lebih disukai karena jadi gampang kalau mau menghubungi, ya minimal ada contact personnya.
  • Blog yang rapi cara mengatur tata letaknya, seperti banner iklan lomba, logo, dll. Btw, dulu saya pernah ditegur teman karena saya banyak pasang banner iklan di blog hingga blog saya seperti TV katanya. 
  • Loading blog yang tidak lemot/ lama terbukanya.
  • Isi/ konten blog menarik dan bermanfaat bagi para pembacanya.
Bagaimana ? apakah anda sudah mengerti tentang Blog yang Disukai Pengunjung ?

Semoga Bermanfaat :)

Related Posts

1 komentar:

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.